Beberapa Ciri Ketika Bayi Sedang Tumbuh Gigi


Proses tumbuh kembang bayi perlu diperhatikan secara detail oleh para orang tua. Karena, proses tumbuh kembang bayi punya peran besar dalam membantu proses tumbuh dan berkembang di usia yang lebih besar lagi. Salah satu proses tumbuh kembang yang perlu diperhatikan oleh para orang tua kepada bayinya yakni ketika sang bayi sedang tumbuh gigi.

Ketika bayi tumbuh gigi, maka hal tersebut akan menjadi hal yang sangat dinantikan. Karena gigi yang bertumbuh secara normal dapat menambah variasi makanan yang dapat dikonsumsi oleh sang bayi. Selain itu, sebagai orang tua Anda juga perlu mengetahui berbagai ciri bayi tumbuh gigi karena ada beberapa hal yang berbeda ketika sang bayi sedang tumbuh gigi. Berikut ini beberapa ciri ketika bayi Anda sedang tumbuh gigi.

Rewel

Bayi yang rewel bisa menjadi pertanda bahwa bayi Anda sedang berada dalam fase tumbuh gigi. Karena, tumbuh gigi seringkali membuat rasa nyeri di bagian gusi dan bayi tidak bisa mengekspresikan rasa sakit tersebut selain ekspresi rewel yang ditunjukkan. Jadi, ketika bayi Anda rewel kemungkinan bayi Anda tengah mengalami fase tumbuh gigi.

Tidak bisa tidur nyenyak

Nyeri yang dirasakan bayi tidak hanya membuatnya rewel melainkan juga sulit untuk tidur secara nyenyak. Hal ini merupakan hal yang wajar dan sebagai orang tua Anda perlu mengatasi hal tersebut dengan cara yang tepat.

Gusi bengkak

Gusi yang bengkak merupakan gejala yang umum terjadi ketika bayi Anda sedang tumbuh gigi. Apabila pembengkakan dirasa tidak wajar, segera konsultasikan ke dokter agar bayi Anda tidak mengalami gejala lainnya yang berbahaya.

Produksi air liur berlebih

Nyeri yang dirasakan tidak hanya membuat gusi jadi bengkak melainkan juga air liur yang berlebih. Hal ini merupakan hal yang wajar dan usahakan untuk terus menyeka air liur yang keluar dari mulut bayi Anda.

Itulah beberapa tanda yang normal dan seringkali dialami bayi ketika tumbuh gigi. Ketika ada gejala lainnya seperti demam atau pilek, maka segera berikan obat pilek bayi atau obat demam bayi karena hal tersebut merupakan hal yang tidak wajar. Konsultasikan juga ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik ketika bayi Anda mengalami gejala yang tidak biasa saat tumbuh gigi.

0 Response to "Beberapa Ciri Ketika Bayi Sedang Tumbuh Gigi"

Posting Komentar