Breaking News

Tips Aman Pakai Penutup Telinga Saat Ingin Tidur


Suara berisik dapat mengganggu tidur Anda. Itu penyebabnya, Anda mungkin memakai penutup telinga alias earplug agar bisa tidur dengan nyaman. 

Walau banyak faedahnya serta termasuk aman, gunakan penutup telinga agar bisa tidur pulas dapat juga memunculkan efek jelek. Khususnya bila Anda benar-benar seringkali memakainya . 

Pemakaian earplug bisa mengakibatkan penyumbatan telinga. Earplug menggerakkan kotoran telinga yang semestinya keluar. Mengakibatkan, kotoran telinga akan kembali masuk, menumpuk, serta memunculkan penyumbatan. 

Nah, dalam periode panjang, penyumbatan kotoran telinga ini dapat mengakibatkan telinga gatal, pusing, sulit dengar, serta tinnitus (telinga berdenging). 

Bila Anda teratur gunakan earplug waktu tidur serta alami rasa tidak nyaman pada telinga, selekasnya kontrol ke dokter.

Bila Anda ingin terus gunakan penutup telinga untuk tidur tanpa ada memunculkan permasalahan, langkah memakainya harus pas. 

1. Yakinkan jika Anda memang sungguh memerlukan alat ini agar bisa tidur. 

Contohnya, pakailah earplug waktu situasi tidur Anda memang terusik dengan suara berisik. Upayakan tidak untuk memakainya tiap tidur malam. 

2. Langkah Anda gunakan earplug untuk tidur harus juga benar. Lihat, beberapa langkah memakai earplug yang aman menurut CDC (Pusat Pengaturan serta Mencegah Penyakit di Amerika Serikat) di bawah ini. 
  • Membersihkan tangan sebelum menempatkan earplug ke telinga sebelum tidur. 
  • Masukan earplug ke telinga dengan lembut. Bila telah terpasang secara baik, jangan berupaya mendorongnya atau memaksa masuk lebih dalam. 
  • Bila earplug yang Anda pakai diperlengkapi bantalan berbusa, janganlah lupa membersihkannya serta menggantinya dengan periodik. Yakinkan busanya kering sebelum dipakai. 

3. Yakinkan earplug yang Anda pilih berkualitas baik, khususnya dari sisi berbahan. Penyumbat telinga dengan bantalan lilin dibikin sesuai ukuran telinga hingga nyaman dipakai waktu tidur. 

Demikian dengan bantalan earplug dari busa, bantalan ini empuk dipakai pada telinga. Sayangnya, permukaan yang berpori dapat jadi lingkungan yang disenangi bakteri bila tidak dibikin bersih dengan teratur. 

Jauhi gunakan penutup telinga dengan bantalan silikon untuk tidur. Batalan ini terkadang membuat telinga sakit bila Anda tidur dengan tempat menyamping.

Tidak ada komentar