5 Tips Menjaga Kampes Brake (REM) Supaya Tetap Aman

5-Tips-Menjaga-Kampes-Brake-REM-Supaya-Tetap-Aman

Brake atau REM adalah bagian dari sepeda motor yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya tanpa rem, tentu saja motor akan terus berjalan tanpa bisa dikendalikan untuk berhenti. Di bagian cakram rem terdapat kampas yang semakin lama semakin menipis. Maka kita sebagai pemilik sudah seharusnya untuk senantiasa mengecek. 

Jika kampas sudah menipis maka sudah seharusnya untuk dilakukan penggantian. Jangan sampai kita melupakan untuk menggantinya karena akibat yang bisa ditimbulkan sangat berbahaya. Biasanya pergantian kampas dilakukan setahun sekali. Namun tidak jarang pula kita menjumpai kampas dan rem yang tidak beroperasi secara maksimal padahal baru di awal penggunaan atau rusak sebelum batas normal kerusakan. 

Menjaga Kampes Brake 

Banyak faktor yang bisa mengakibatkan permasalahan tersebut. Salah satunya adalah tidak mengecek kondisi kampas secara berkala. Pemakaian yang tidak sesuai dengan standar juga sangat mudah menjadi penyebab disfungsi kampas pada cakram rem. Anda harus segera melakukan service saat ada permasalahan dengan mesin kendaraan. Atau Anda dapat senantiasa menjaga kondisi kampas motormu dengan melakukan beberapa tips sebagai berikut : 

1. Jangan Menekan Pedal Setengah Kopling

Hal tersebut mengakibatkan pemberian beban yang besar kepada kampas motor. Akaibatnya kampas menjadi cepat tipis dan aus. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara adalah ketika berhenti lampu merah misalnya dan dalam keadaan jalanan menanjak banyak yang menggunakan pedan setengah kompling. 

2. Sesuaikan Transmisi dengan Kecepatan 

Coba Anda mencari buku manual yang Anda dapatkan ketika membeli sepeda motor. Dalam buku manual tersebut terdapat pedoman yang jelas mengenai berapa kecepatan maksimal dan minimal kendaraan Anda boleh menggunakan transmisi tertentu. Misalnya jangan menggunakan gigi 3 padahal kecepatan motor adalah 30 Km/jam 

3. Gunakan Pelumas Kampas 

Salah satu penyebab kampas menjadi rusak adalah karena tidak pernah diberi minyak ataupun oli kampas. Hal ini penting karena digunakan untuk mengurangi gesekan dan memperlancar sistem kerja. Dan memang menurut aturan harus diganti secara berkala dalam waktu tertentu. Jangan sampai telat ya! 

Salah satu produk yang dapat digunakan untuk memberikan pelumas pada cakram kendaraan yang sudah kering adalah brake fluid. Cairan untuk rem ini sangat licin dan pastinya bukan hanya memberikan pelumas namun juga menjaga mesin motor. 

4. Berpindah Transmisi dengan Halus 

Yang membuat rem cepat aus adalah perpindahan transisi yang dilakukan oleh pengguna. Banyak pengguna yang melakukan perpindahan transisi dengan kasar dan tidak sesuai dengan pedoman. Hal inilah yang tentu mengganggu dan mempercepat usia kampas Anda. Berkelilinglah dengan aman dan senatiasa periksalah keamanan kendaraan. 

5. Menjaga Kebersihan 

Salah satu penyebab tidak berfungsinya suatu mesin secara maksimal adalah karena kebersihannya yang tidak terjaga. Biasanya ini terjadi ketika musim penghujan. Berbagai pasir dan tanah menempel pada piringan cakram. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan maka bisa saja menghambat kinerja sepeda motor. Maka Anda harus lebih sering untuk mencuci sepeda motor ketika musim penghujan. 

Pastikan juga bahwa terdapat jarak yang cukup antara piringan cakram dengan kampas. Ketika terjadi pergeseran dari tempat semula, Anda dapat mengatur ulang supaya benar dan menghindari gesekan yang tidak diperlukan. 

Demikian ulasan mengenai bagaimana membuat kampas rem menjadi lebih awet dan tahan lama. Tentu setiap benda apabila digunakan sehari-hari akan berkurang nilai kegunaannya namun setidaknya Anda berusaha untuk menjaganya. Misalnya menggunakan brake fluid untuk memberikan pelumas pada cakram motor. Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Menjaga Kampes Brake (REM) Supaya Tetap Aman"

Posting Komentar