Perbedaan Bimbel dan Les Privat?

Perbedaan-Bimbel-dan-Les-Privat

Sebagai upaya untuk mengasah materi yang sudah dipelajari di sekolah, para orang tua biasanya mendaftarkan anaknya ke tempat les privat. Pengertian les privat sendiri adalah pembelajaran di luar sekolah atau di luar jam kegiatan belajar mengajar, namun tetap mengacu pada kurikulum sekolah. Biasanya jumlah siswa les privat tidak lebih dari empat orang dan durasinya berlangsung selama beberapa jam. 

Dalam les anak privat, seorang murid akan ditangani oleh satu orang tentor atau guru. Ini bertujuan supaya setiap murid dengan kepribadian yang unik bisa ditangani dengan cara yang berbeda-beda pula. Untuk itu, seorang guru harus pandai memposisikan diri saat menangani murid-muridnya. 

Itu adalah pengertian les privat. Lalu mengapa seorang anak mengikuti les privat? Umumnya les privat menjadi solusi bagi seorang anak yang kurang bisa menguasai mata pelajaran tertentu. Les privat banyak disukai karena suasananya yang lebih santai dan disesuaikan dengan keunikan masing-masing anak. Dengan begitu, diharapkan materi pelajaran jadi lebih mudah dicerna ketimbang saat belajar di sekolah. Namun kini les private tidak hanya untuk les akademik, melihat kebutuhan yang berbeda – beda tiap anak, sekarang sudah banyak lembaga kursus yang membuka kelas non-akademik seperti les musik, les gambar, les olahraga dan les non-akademik lainnya. 

Tidak heran jika banyak lembaga bimbingan belajar yang menawarkan layanan les privat berkembang pesat di berbagai daerah. Sebab, metode belajar lewat les privat dinilai sangat cocok bagi anak yang ingin mendalami mata pelajaran tertentu. 

Apa Bedanya Bimbel dan Les Privat? 

Bimbingan belajar dan les privat sering disamakan. Meski serupa, namun kedua jenis kegiatan belajar mengajar ini memiliki perbedaan. Sesuai dengan pengertian les privat, guru les biasanya akan datang ke rumah murid atau sebaliknya. Namanya saja privat, tentu kegiatan ini hanya berlangsung antara satu guru dan satu murid (atau bisa lebih). Metode ini membuat guru les bisa memberikan perhatian penuh kepada murid yang dibimbingnya. 

Anak-anak yang ingin belajar dalam suasana tenang dan tidak berisik, atau mereka yang malu bertanya di kelas biasanya akan memilih les privat ketimbang bimbingan belajar. Sebab dalam sesi les privat anak-anak bisa bertanya sepuasnya. 

Berbeda halnya dengan bimbingan belajar yang mirip dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Biasanya materi yang disampaikan pun sama dengan kurikulum yang dipelajari di rumah. Sedangkan dalam les privat, materi pembahasannya biasanya terfokus pada apa yang ingin dibahas saja. Ditambah lagi, saat bimbingan belajar akan ada banyak siswa lain yang juga belajar sehingga suasananya terkadang kurang kondusif. 

Lalu apakah les privat lebih baik daripada bimbel? Tidak sepenuhnya benar. Pasalnya setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan mencolok dari keduanya adalah hanya dari segi jumlah murid atau siswanya serta durasi belajar yang sudah disepakati. 

Namun jika ingin mendaftarkan anak ke tempat les privat atau bimbingan belajar, pastikan orang tua memilih lembaga yang terpercaya. Pertimbangkan kualifikasi guru les dan biaya agar semua proses belajar mengajar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Bimbel dan Les Privat?"

Posting Komentar