6 Manfaat Kalium bagi Tubuh


Fungsi kalium senantiasa dihubungkan dengan peranannya jadi salah satunya type elektrolit di pada tubuh. Elektrolit bertindak penting dalam mengendalikan cairan badan, menghantar signal listrik pada saraf, serta mengontrol kontraksi otot. 

Tidak itu saja, kalium mempunyai beberapa kegunaan penting buat kesehatan, salah satunya: 

1. Turunkan tekanan darah 

Kalium menolong menurunkan kemelut pada dinding pembuluh darah, hingga dapat turunkan tekanan darah. Diluar itu, makanan yang memiliki kandungan kalium bisa menolong kurangi kandungan garam berlebihan pada tubuh dengan mengeluarkannya lewat urine. 

2. Mempertahankan kesehatan jantung serta pembuluh darah 

Konsumsi kalium yang cukup menahan penyakit pada pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serta stroke. Kalium dapat menghindar aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah arteri. 

Diluar itu, kegunaan kalium dalam mempertahankan kesehatan saraf serta kemampuan otot akan pelihara potensi jantung dalam memompa darah dengan cukup. Beberapa studi serta mengatakan jika kalium berguna juga untuk kurangi efek timbulnya masalah irama jantung (aritmia). 

3. Pelihara fungsi saraf 

Skema saraf menyambungkan otak serta badan. Otak kirim pesan ke organ serta anggota badan tersendiri lewat rangsangan atau impuls listrik. Sebab kapasitas saraf berikut, badan dapat mengendalikan kontraksi otot serta detak jantung, dan terima rangsangan serta rasakan ngilu (peranan sensorik). 

Bila kandungan kalium dalam darah menyusut, ini bisa mengubah potensi otak dalam membuahkan impuls saraf. 

Beberapa studi tunjukkan jika kekurangan kalium dalam periode panjang bisa memunculkan masalah saraf serta otak, seperti seringkali kesemutan, gampang lupa atau pikun, dan kekurangan otot. 

4. Menghindar batu ginjal 

Kalium dapat mengikat kalsium dalam urine, hingga menghindar terbentuknya endapan mineral kalsium yang bisa jadi batu ginjal. Menurut satu studi, orang yang konsumsi kalium sehari-hari terpenuhi mempunyai efek terserang batu ginjal lebih rendah dibanding orang yang kekurangan kalium. 

5. Jaga kepadatan tulang 

Kalium bertindak untuk jaga kalsium supaya tidak terbuang lewat urine. Diluar itu, kalium dapat tingkatkan penyerapan kalsium pada tulang, hingga tulang tidak kehilangan kepadatannya (osteoporosis) serta tidak gampang patah. 

6. Menghindar kram otot 

Kram otot ialah keadaan waktu otot berkontraksi dengan mendadak serta tidak teratasi. Keadaan ini dapat berlangsung karena badan kekurangan kalium. Di sel otot, kalium menolong mengemukakan signal dari otak yang merangsang kontraksi otot, sekaligus juga menolong akhiri kontraksi itu. 

Saat kandungan kalium dalam darah rendah, otak tidak bisa mengemukakan signal dengan efisien, hingga otot terus berkontraksi serta memunculkan kram.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Kalium bagi Tubuh"

Posting Komentar