Selamat Sampai Tujuan, Ini 4 Tips Aman Naik Ojek Online

Selamat-Sampai-Tujuan-Ini-4-Tips-Aman-Naik-Ojek-Online

Sejak diluncurkan beberapa tahun silam, pelanggan ojek online makin lama semakin meningkat. Ojek online dianggap efektif menembus kemacetan, serta tarifnya terbilang lebih murah dibanding angkutan umum lain. Agar keselamatan terjamin, Anda bisa pedomani tips aman naik ojek online berikut ini.

Jaga Keselamatan Saat Menggunakan Jasa Ojek Online

Berkendara menggunakan transportasi pribadi atau umum, sama-sama berpotensi mendatangkan mara bahaya. Anda yang menggunakan jasa ojek online pun harus mawas diri, akan kemungkinan terjadinya tindak kriminal atau pun kecelakaan di jalan. Agar bisa tetap aman, ikuti 4 tips berikut saat menggunakan jasa ojek online.

1. Jangan Lupa untuk Menggunakan Helm

Banyak penumpang ojek online yang menolak untuk menggunakan helm padahal sudah ditawarkan. Alasan yang diberikan mulai dari destinasi yang jaraknya dekat, hingga helm tersebut berbau tak sedap. Padahal, risiko buruk bila tak memakai helm sangatlah tinggi. Selain jadi penyebab ditilang polisi, risiko luka di kepala jika terjadi kecelakaan juga sangat tinggi.

2. Letakkan Tas di Antara Anda dan Pengemudi Ojek Online

Banyak penumpang ojek online, khususnya para wanita, yang mengalami penjambretan saat menggunakan jasa ojek online. Salah satu penyebabnya adalah karena menyandang tas di salah satu sisi tangannya atau di bagian punggung. Baiknya saat mengendarai ojek online atau pun kendaraan roda dua lainnya, letakkan tas di antara Anda dengan pengemudi ojek online.

3. Jangan Bermain Ponsel Saat Tengah Naik Ojek Online

Walau bukan Anda yang sedang mengendarai motor, jangan biasakan memainkan ponsel saat tengah berkendara. Tindakan seperti ini dapat memicu tindak kriminal, seperti penjambretan ponsel oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Selain ponsel lenyap, Anda pun berisiko jatuh dari motor karena kaget akan tindakan tersebut.

4. Memastikan Identitas Pengemudi Sesuai dengan yang Aplikasi

Jangan asal naik ojek online saja, pastikan dulu bahwa driver ojek tersebut sesuai dengan informasi yang tertera di aplikasinya. Kelalaian penumpang mengecek kesesuaian driver dengan info di aplikasi, banyak memicu terjadinya tindak kriminal. Maka dari itu, cek dulu nomor polisi dan jenis kendaraan, serta identitas driver, apakah sudah sesuai aplikasi atau tidak.

Itulah tadi 4 tips aman naik ojek online yang bisa Anda terapkan dalam keseharian. Pastikan keselamatan Anda terjamin, dengan selalu menggunakan helm yang ditawarkan oleh pengemudi ojek online. Hindari meletakkan tas di salah satu sisi tubuh atau pun memainkan ponsel saat naik ojek online, karena bisa memicu tindak kriminal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat Sampai Tujuan, Ini 4 Tips Aman Naik Ojek Online "

Posting Komentar