Genset Menjadi Alat Kebutuhan Rumah Sakit

Genset-Menjadi-Alat-Kebutuhan-Rumah-Sakit

Genset merupakan alat pengganti pada saat terjadi pemadaman listrik oleh PLN . Genset sangat diperlukan khususnya bagi rumah sakit, pusat perbelanjaan, kantor, toko, dan lain-lain. Genset di rumah sakit menjadi alat kebutuhan yang sangat penting pada saat listrik mati, karena semua hal di rumah sakit membutuhkan daya listrik. Oleh karena itu, dengan adanya genset, rumah sakit masih bisa tetap beroperasi seperti sedia kala pada saat listrik mati.

Rumah Sakit merupakan bangunan yang yang membutuhkan daya listrik yang sangat besar. Oleh karena itu, distribusi yang dibutuhkan rumah sakit energi listriknya harus diperhitungkan sebaik mungkin agar energi listrik dirumah sakit dapat terpenuhi dengan baik. Perencanaan sistem instalasi listrik rumah sakit selain disuplai dari PLN juga menggunakan supply genset sebagai daya cadangan ketika PLN mengalami gangguan atau terjadi pemadaman listrik.

Genset yang digunakan di dapat dioperasikan secara otomatis. Kapasitas genset yang digunakan di rumah sakit harus sesuai dengan tipe rumah sakit dan daya yang akan digunakan.

Pada saat PLN mengalami gangguan, otomatis genset akan beroperasi dan mengambil alih supply PLN ke supply genset. Begitupun sebaliknya jika PLN sudah normal kembali, maka genset tersebut akan secara otomatis mengembalikan suplainya ke PLN. Alat yang dapat mentransfer ke dua sumber listrik tersebut dinamakan sebagai Automatic Main’s Failure. Suplai energi listrik di rumah sakit menggunakan sistem 3 phasa dengan tegangan suplai 220/380 V, sehingga perlu dilakukan pembagian kelompok beban yang di tujukan untuk:
  • Mempermudah dalam pemasangan, pemeriksaan, pengoperasian, dan perbaikan.
  • Jika terjadi gangguan pada satu kelompok maka kelompok yang lain tidak akan terpengaruh gangguan tersebut karena adanya pembagian kelompok beban.
  • Menjaga keseimbangan beban pada tiap phasa.
  • Melokalisir gangguan yang timbul agar tidak mempengaruhi sistem kerja secara keseluruhan.
Genset yang digunakan rumah sakit tidak bisa sembarangan dalam memilih kapasitasnya. Biasanya genset untuk memenuhi kebutuhan daya listrik rumah sakit kapasitasnya berkisaran antara 7 kVA-3250 kVa. Untuk mengetahui rental genset Anda bisa mengeceknya melalui https://sewatama.com/id/ untuk mandapatkan informasnya.

0 Response to "Genset Menjadi Alat Kebutuhan Rumah Sakit"

Posting Komentar