Daripada Nganggur, ini 7 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Akhir Pekan

Daripada-Nganggur-ini-7-Usaha-Sampingan-yang-Bisa-Kamu-Lakukan-di-Akhir-Pekan

Bekerja seharian di kantor tentu membuat tenagamu terkuras habis. Rasanya tidak akan sanggup jika sepulang kantor masih harus mengurus usaha sampingan. Tapi kalau keinginanmu begitu kuat untuk memiliki sumber penghasilan kedua, kamu bisa memanfaatkan waktu akhir pekan. 

Ide Usaha Sampingan 

Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa kamu lakukan di waktu akhir pekan, diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Menjadi photographer 

Kalau kamu memiliki kamera profesional, hobi dan jago memotret, kamu sebaiknya tidak menyia-nyiakan kemampuan itu. Memiliki keahlian dalam fotografi bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan. Meskipun semua orang kini sudah bisa memiliki kamera yang bagus, untungnya tidak semua orang memiliki kemampuan fotografi yang sama bagusnya dengan kemampuan yang kamu miliki. 

Kamu bisa menjadi event photographer dan hanya memotret pada saat ada pesanan untuk acara-acara khusus saja, misalnya pernikahan, wisuda, ulang tahun, hingga pre wedding. Hanya berbekal kamera dan kemampuan fotografi yang bagus, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. 

2. Berjualan di area car free day 

Hampir di setiap kota di Indonesia memiliki satu hari khusus car free day. Biasanya jatuh pada hari minggu. Event mingguan ini penuh oleh orang-orang dengan berbagai tujuan. Ada yang berolahraga, ada yang mengadakan event, ada yang kumpul-kumpul komunitas, dan tentu saja ada yang berjualan di area ini. 

Kamu bisa menjadikan moment car free day untuk menambah penghasilan dengan cara berjualan, misalnya berjualan air mineral, makanan ringan, hingga mengadakan garage sale. Meskipun hanya seminggu sekali, kalau kamu rutin berjualan di area car free day, penghasilan yang kamu dapatkan bisa lebih besar daripada gaji pokok bulanan. 

3. Menjadi tour guide 

Usaha sampingan lainnya yang bisa dilakukan pada akhir pekan adalah menjadi tour guide. Terutama untuk kamu yang tinggal di daerah dengan potensi wisata yang cukup banyak. Turis yang datang pada akhir pekan biasanya lebih banyak jumlahnya daripada yang datang pada hari-hari biasa. Dengan begitu, jasa kamu akan sangat berguna dan dibutuhkan. 

Kamu tidak butuh modal yang banyak untuk menjadi seorang tour guide. Cukup berbekal pengetahuan yang luas, kemampuan komunikasi yang baik, dan menguasai area wisata sekitar. Kalau kamu mahir berbahasa asing, tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri. 

4. Menjadi penulis 

Kemampuanmu dalam merangkai kata sangat bisa digunakan sebagai sumber penghasilan kedua. Kamu bisa menjadi penulis lepas dengan hanya menerima job pada akhir pekan ataupun menjadi penulis artikel dan mengirimkan karya tulisanmu ke media cetak di Indonesia. Jika dimuat, kamu akan mendapat bayaran yang lumayan. 

5. Membuka jasa les privat 

Kamu juga bisa membuka jasa les privat ataupun menjadi tentor lepas yang mengambil job pada akhir pekan. Les privat ini tidak selalu tentang pelajaran. Kamu juga bisa memberikan les privat musik, les vokal, les berenang, hingga les menggambar. 

Apapun kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa memanfaatkannya sebagai usaha sampingan. Dengan begitu, kamu tidak hanya merawat kemampuan yang kamu miliki, namun juga mendapatkan manfaat secara langsung dari kemampuan tersebut. 

6. Transportasi online 

Punya kendaraan, hobi jalan-jalan, dan sering merasa bosan di rumah bisa kamu jadikan alasan untuk menjadi penyedia jasa transportasi online. Kalau kamu punya motor, kamu bisa bergabung menjadi mitra ojek online. Kalau kamu punya mobil, kamu bisa bergabung menjadi driver transportasi online. 

Sudah banyak orang kantoran yang menggunakan ini untuk tambahan penghasilan sekaligus mengatasi kejenuhan bekerja. Rata-rata mereka menjadi driver transportasi online pada saat pulang kerja atau pada waktu akhir pekan saja. 

7. Menjadi penonton bayaran 

Pernah terpikir menjadi penonton bayaran? Mungkin kamu menganggap penonton bayaran itu alay dan sebagainya. Tapi kalau kamu lihat dari sudut pandang lain, kamu bisa menjadikan ini sebagai sumber penghasilan kedua kamu. Kapan lagi, kan, kamu dibayar sekaligus mendapatkan hiburan di akhir pekan? 

Nah, itulah tujuh usaha sampingan yang bisa dilakukan di akhir pekan. Memang tidak mudah mencapai kebebasan finansial. Selagi usiamu masih muda dan tenagamu masih kuat, kamu sebaiknya memanfaatkan waktu dan peluang usaha yang ada. Namun ingat, bekerja keras harus diimbangi dengan istirahat yang cukup agar kesehatanmu tetap terjaga.

0 Response to "Daripada Nganggur, ini 7 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan di Akhir Pekan"

Posting Komentar