Kenali Serba-serbi dari jenis Kurma Sukkari

Kenali-Serba-serbi-dari-jenis-Kurma-Sukkari

Kurma merupakan buah pelengkap sebagai pembuka puasa sebelum makan nasi. Ada berbagai jenis dari buah yang terkenal dari negara Timur Tengah ini. Salah satunya adalah kurma sukkari. Tidak banyak yang kenal dengan buah yang memiliki ciri khas cokelat kekuningan ini. Berikut ini ada beberapa informasi terkait buah tersebut.

1. Tampilan

Kurma yang terkenal dengan sebutan sebagai si ratu atau raja kurma ini memiliki ukuran yang besar dengan ciri khas memanjang. Selain itu warna dagingnya cokelat dengan sedikit kekuningan mirip seperti permen rasa karamel. Meskipun terlihat seperti warna karamel, bagian dari luar daging kurma itu terlihat kering dan renyah.

2. Rasa

Rasa dari kurma ini adalah sangat manis. Hal ini sepadan dengan namanya 'sukkur'. Kata tersebut menurut bahasa arab artinya adalah gula. Tidak salah bukan jika orang-orang Timur Tengah menamainya dengan gula karena rasanya yang begitu manis. Kurma ini cocok digunakan sebagai pembuka puasa sebelum Anda makan makanan lainnya. Terutama sebagai pengganti rasa pedas jika Anda penyuka rasa pedas.

3. Tekstur

Tekstur dari daging buah kurma yang banyak diminati di Asia Selatan dan Eropa ini tidak kenyal seperti jenis lainnya. Saat Anda memakan buah yang terkenal mahal di dunia ini, Anda akan merasakan daging yang begitu lembut dan mudah meleleh di lidah. Oleh karena itu kurma sukari merupakan salah satu dari jenis kurma yang paling digemari oleh para raja di Timur Tengah.
 

4. Manfaat

Meskipun kurma ini terasa sangat manis, Anda tidak perlu khawatir terhadap kandungan gula yang ada didalamnya. Kandungan gula dalam kurma sukari masih tetap aman dikonsumsi. Selain itu di dalam kurma ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit. 
 
Tidak hanya itu. Di dalam kurma juga mengandung vitamin A. Fungsi dari vitamin ini bisa menjaga penglihatan dari penyakit mata. Vitamin ini akan bekerja melindungi kornea agar penglihat terjaga dengan baik. Tidak hanya itu saja, kurma juga mengandung asam amino, zat tembaga, florida, zat besi, magnesium serta potasium untuk menjaga kesehatan tubuh.
 
Oleh karena itu kurma bisa dijadikan sebagai obat terapi dari berbagai penyembuhan penyakit tanpa efek samping. Adanya berbagai nutrisi di atas, mengkonsumsi kurma terutama kurma jenis kurma sukkari, kecukupan gizi sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat terlebih saat melakukan puasa di bulan Ramadan.

0 Response to "Kenali Serba-serbi dari jenis Kurma Sukkari"

Posting Komentar