Mudah dan Murah Cara Membuat Website Sendiri

Mudah-dan-Murah-Cara-Membuat-Website-Sendiri

Cara membuat website yang mudah dan murah di zaman yang serba cepat ini harus dilakukan segera. Mengapa? Karena jika terus ditunda Anda akan salah start dengan kompetitor. Website erat kaitannya dengan dunia internet yang isinya memuat berbagai konten seperti suara, gambar, video, teks maupun gabungan dari beberapa konten yang ada. 

Cara Mudah Buat Website Sendiri 

Website ada berbagai macam jenisnya mulai dari website pribadi, situs blog, website toko online, website sosial media dan lainnya. Komponen dalam membuat website ada hosting dan domain. Bila diibaratkan sebagai bangunan, website adalah bangunan itu sendiri, hosting merupakan tanah tempat yang dipakai untuk mendirikan bangunan dan domain adalah alamat bangunannya. Lanjut ke komponen apa yang dibutuhkan dalam cara membuat website sendiri.

1. Nama Domain 

Membuat nama domain yang menarik supaya orang mudah untuk mengingat. Nama domain yang menarik memuat berbagai syarat yaitu berkesan, singkat, eksistensi yang tepat sesuai dengan fungsinya, mudah dieja, melihat saja sudah deskriptif, tidak memakai simbol, dan sebut nama usaha yang dijalani.

2. Paket Hosting yang cocok

Setelah mendapatkan nama domain yang sesuai, kini saatnya untuk memilih hosting yang cocok dengan kebutuhan Anda. Ada banyak hosting yang dijual oleh pihak pengembang jadi Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam menemukan hosting yang cocok. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Setelah mendapatkan domain dan hosting saatnya untuk mendaftarkan keduanya.

3. Pilih platform 

Cara membuat website selanjutnya adalah pemilihan platform. Ada empat komponen yang bisa dipakai dalam pemilihan platform yaitu sistem manajemen konten, website builder, script ecormerce, dan self coded website. Platform terkenal yang bisa digunakan antara lain wordpress, Drupal, dan Joomla. 

Wordpress merupakan CMS yang memiliki harga paling terjangkau dengan lengkapnya sistem komunitas. Cara membuat website dengan wordpress pun sangat mudah. Tools yang dipakai tidak terlalu sulit, ada juga dukungan admin dan plugin yang mempermudah dalam melakukan desain.

4. Pengembangan website 

Setelah berhasil merealisasikan website yang Anda butuhkan saatnya untuk proses pengembangan website untuk membuatnya menjadi terbaik. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu mengetahui arah website yang telah dibuat, persiapan yang matang begitu penting dilakukan untuk mendukung hasil yang optimal. Gunakan tools yang disediakan untuk memantau pengguna, keamanan, dan membuat langkah yang tepat selanjutnya. 

Itulah cara membuat website yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan murah. Proses pembuatan website tidak membutuhkan waktu lama, yang menjadi sulit adalah konten yang ditampilkan. Konsistensi Anda sebagai pemilik website untuk terus melakukan perkembangan pada website yang sudah ada menjadi point penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Ada berbagai jasa yang bisa dipakai untuk optimalisasi website yang Anda miliki.

0 Response to "Mudah dan Murah Cara Membuat Website Sendiri"

Posting Komentar